Koperasi 5.0.
Koperasi Zaman Now Guna Mendongkrak Ekonomi Indonesia
Saat ini, Era
startup digital berkembang pesat di Indonesia. Salah satu startup terbesar
adalah startup bidang transportasi. Pemainnya dalah Gojek dan Grab. Selain
layanan transportasi mobil dan motor, layanan utama terbesar mereka adalah
Gofood dan Grabfood. Layanan ini memungkinkan pelanggan memesan setiap makanan
yang bermitra dengan Gojek dan Grab secara online. Kemudian makanan tersebut
akan datang diantar. Banyak sekali order makanan maupun minuman, bahkan per
detik mencapai 10.000 order pada kedua platform tersebut. Pada setiap orderan
tersebut, data siapa dan apa serta rating mitra restoran tercatat rapi pada
main domain Gojek dan Grab sehingga didapatkan data. Data tersebut memiliki
potensi besar untuk dianalisis dan dikembangkan lebih lanjut guna membentuk Bagaimana
jika Koperasi millennial 5.0 memanfaatkan hal tersebut.
Koperasi
menawarkan kerjasama dengan pihak Gojek dan Grab melalui data analysis pada
layanan Gofood dan Grabfood mereka. Dari data analisis itu didapatkan 10-15 %
mitra restoran tersebut yang berpotensi kuat dari segi SOP, Keangan, tenaga
kerja dan pelanggan untuk dikembangkan. Lalu tugas Koperasi 5.0 ini menggalang
dana dengan membuat platform aplikasi dengan kerjasama Grab dan Gojek. Aplikasi
tersebut hadir sebagai mini apps dimana berada dalam naungan aplikasi Grab dan
Gojek. Tujuan aplikasi ini untuk menggalang dana bagi pembeli makanan dan
minuman di layanan Gofood maupun Grabfood. Seumpama pelanggan Grabfood atau
Gofood memesan makanan di restoran A sebanyak 3 kali, akan muncul notifikasi
untuk jadi anggota koperasi 5.0 dengan membayar simpanan pokok dan wajib guna
kemajuan restoran A tersebut. Bukan hanya 1 restoran saja, aka nada pilihan
berbagai restoran yang dapat disuntikkan dana dari simpanan pokok dan wajib
tersebut. Setelah pelanggan tersebut jadi anggota resmi, kemudahan memantau dan
mengetahui kemajuan restoran yang diinvestasikan dapat dipantau melalui mini
apps ini.
Kemajuan usaha
dapat berupa penambahan cabang atau franschise dengan uang hasil galangan dana
tersebut. Jika pelanggan tersebut mau menjadi anggota koperasi tersebut, banyak
promo dan diskon Gofood dan Grabfood yang didapatkan oleh anggota tersebut. Jadi uang tersebut dipake untuk mengembangkan
usaha dimana penggalang dana tersebut juga suka membeli produk tersebut. Jika
usaha tersebut dengan cabangnya untung, keuntungan dibagi dengan sistim bagi
hasil seperti koperasi. Apabila dari anggota galang dana tersebut membutuhkan
pekerjaan, part time atau sejenisnya. Koperasi 5.0 dapat menyarankan anggota
tersebut untuk bekerja di salah satu cabang usaha tersebut. Hal ini sesuai
dengan prinsip koperasi dimana usaha bersama untuk kesejahteraan bersama.Untuk
ikut menggalang dana tersebut, pelanggan diharuskan menggunakan uang digital
Gopay dan Ovo sehingga kerjasama ini tetap menguntungkan bagi Gojek dan Grab. Koperasi
5.0 ini memiliki berbagai keunggulan diantaranya adalah koperasi ini tidak
membutuhkan modal yang besar, pasar yang sudah jelas, memiliki barang dan jasa
sudah teruji, menambah lapangan pekerjaan ( dari penambahan cabang ),
memperbanyak UMKM, menambah nilai ekonomi di Indonesia dan lain sebagainya.
Dengan adanya konsep koperasi millennial
seperti ini, Untuk kedepannya koperasi dapat tumbuh pesat di Indonesia.
Peningkatan ekonomi juga akan dirasakan pada setiap UMKM dan seluruh lapisan
masyarakat karena uang terus berputar. Kekurangan koperasi saaat ini dapat
disimpulkan adanya simpanan wajib, pokok setiap bulan yang dirasa tidak cocok
dengan generasi millennial. Generasi millennial lebih senang mengeluarkan uang
untuk sesuatu yang jelas ia tau usahnya, manfaatnya dan menimbulkan keuntungan
secara langsung bagi mereka. Dengan koperasi 5.0, pelanggan yang bergabung akan
langsung mendapat keuntungan berupa voucher, diskon atau cashback berupa Gopay
atau Ovo yang dapat mereka gunakan nantinya. Hal ini tentu menarik minat mereka
untuk investasi, dengan didukung segala kemudahan yang ada.
#PRAJA2019 #anugerahMISGROUP #koperasi #wirausaha
Komentar
Posting Komentar